Saturday, May 30, 2020

12 Manfaat Tanamsn Pisang Bagi Manusia



Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan manusia. Alam juga terus berubah demi memenuhi kebutuhan manusia yang mungkin tak akan ada habisnya. Hingga manusia harus melakukan inovasi agar alam tetap terjaga keberadaannya. Demi generasi masa depan.

Inovasi sederhana yang bisa dikembangkan manusia adalah penggunaan produk alam yang dapat diperbarui seperti tanaman pisang. Jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis ini juga dapat dikreasikan untuk menambah nilai ekonomisnya.

Berdirinya beberapa sentra produksi pisang adalah salah satu upaya untuk meningkatkan nilai pisang sebagai komoditi pangan. Tentunya dengan menciptakan produk olahan pisang yang diminati masyarakat.

Lampung merupakan salah satu produsen pisang unggulan yang disukai masyarakat. Beberapa produk pisang varian budidaya yang dikembangkan pun ikut meramaikan pasar hingga di luar Lampung.

Sebut saja pisang tanduk dan pisang ambon yang bisa dikreasikan menjadi kripik pisang dengan berbagai varian rasa seperti keripik pisang coklat, kopi, tiramisu, keju, dan lain-lain. Kreasi pisang yang digandrungi oleh wisatawan lokal dan asing. Bahkan produk kripik pisang Lampung sudah merambah pasar ekspor. Keren ya!

Nah, itu kebermanfaatan pisang dari aspek bisnis. Pisang juga punya nilai manfaat lain yang patut kita ketahui. Tentunya agar kita bisa makin sayang dengan buah yang rasanya manis segar ini.

Manfaat buah pisang yang mengandung kalium pasti sudah tak asing di telinga kita.  Beda dengan buah lain yang mungkin tak seramah pisang, baik dari sisi kantong maupun keberadaan, pisang juga hampir disukai semua orang. Paling tidak kita suka dengan produk turunannya, seperti: keripik pisang, bolu pisang, kue pisang, jus pisang, lemet pisang dan lain-lain.

Berikut ada 12 manfaat tanaman pisang bagi manusia yang lebih dari sekedar produk pangan yang mengagungkan kearifan lokal,

1. Makanan sehat

Kandungan kalium yang dibutuhkan manusia ada di buah pisang. Kita paling tidak harus makan 2 pisang setiap hari untuk memenuhi asupan kalium bagi tubuh.

FYI, kekurangan kalium (hipokalemia) pada tubuh dapat menimbulkan kematian. Kasus yang dapat menimpa anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa.

Selain bermanfaat untuk meredakan masalah pencernaan, pisang juga dapat digunakan sebagai obat penghalus wajah. Jadi, mengonsumsi pisang dapat membuat tubuh sehat dan cantik.

Dari data yang kubaca, dalam 100 gram pisang terkandung potassium, vitamin C, vitamin B 6, magnesium dan 105 kalori. Oya, kandungan kalium pada pisang juga dapat meningkatkan kosentrasi. 

Selain itu, pisang dapat digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena kandungan antioksidan dan fitronutrien. Produk yang telah dikembangkan oleh ahli kosmetik.

Aku baca sih dari 100 gram pisang terkandung beberapa enzim, mineral dan kandungan lain, seperti:

- energi  : 99 kkal
- protein  :  1,2 gram
- lemak  :  0,2 gram
- karbohidrat  :  25,.8 gram
- kalsium  :  8 mg
- pasfor  :  28 mg
- serat diet : 2, 6 mg
- zat besi  : 1 mg
- gula : 12 gram
- garam : 1 mg
- potasium : 360 mg
- vitamin A  :  146 IU
- vitamin B1  :  0,08 mg
- vitamin C  :  3 mg

Wah, banyak ya manfaatnya! Belum lagi pisang ini dipercaya mengandung serat pektin yang dapat mengobati kanker usus. Pisang juga mengandung zero lemak jadi aman bagi kamu yang sedang diet menurunkan berat badan.

2. Kudapan

Inovasi produk turunan pisang yang paling kusuka adalah kripik pisang. Rasanya yang renyah dan enak bikin aku betah makan kripik sebagai kudapan sambil menonton tivi atau membaca buku.

Kudapan kreasi pisang lain adalah pisang goreng dengan varian rasa coklat, keju, caramel, tiramisu dan lain-lain. Produk turunan yang cukup nge-hits di kalangan anak muda.

3. Pakan ternak

Selain manusia, tanaman pisang sangat disukai oleh hewan. Beberapa hewan bahkan bisa mengonsumsi seluruh bagian tanaman pisang tanpa sisa, seperti: gajah. Beberapa hewan lain hanya mengonsumsi salah satu dari bagian tanaman pisang.

Hewan terkenal dalam dongeng anak-anak yang sangat suka dengan buah pisang adalah monyet. Memang hewan yang satu ini memiliki kecenderungan atas makanan yang lebih menyerupai manusia. Sementara hewan-hewan lainnya adalah ayam, burung, angsa dan lain-lain.

Sementara buah pisang dapat dijadikan sumber makanan bagi sebagian hewan, ternyata daun pisang dan jantung pisang pun dapat dijadikan sebagai campuran pakan ternak. Tentunya dengan tidak mengesampingkan nilai gizi yang dibutuhkan ternak.

Caranya adalah dengan mencampurkan sepertiga bagian daun pisang yang sudah diiris kecil, dedek, sisa makanan di rumah, dan campuran sisa buah atau sayur yang bisa diperoleh di pasar. Kalau ada sisa kopi, teh, atau jus juga bisa ditambahkan. Poinnya di sini adalah tidak membuang. Bahkan batang pisang pun bisa diolah untuk pakan ternak.

Selain untuk pakan ternak, kandungan polyphenole pada daun pisang juga dipercaya dapat mengobati penyakit parkinson.

4. Pembungkus makanan

Ingat nasi bungkus? Nah, selain daun jati, daun pisang memiliki fungsi untuk pembungkus makanan. Fungsi yang diketahui oleh manusia jauh sebelum kenal komputer. Eh, nggak ada hubungannya, ya? Tapi, kupikir pengguna komputer pun suka makan nasi bungkus daun pisang. Ya, kan?

Seorang temanku pernah bilang bahwa rasa nasi bungkus daun pisang lebih nikmat dibanding rasa nasi bungkus kertas. "Aromanya lebih nendang," lanjutnya. Aku juga setuju anggapan rasa daun pisang bisa bikin rindu kampung halaman. Rindu menghirup udara segar di antara daun-daun pisang.

Selain ramah lingkungan, daun pisang juga dianggap sebagai pembungkus makanan yang sehat dan higienis dibanding kertas atau plastik. Beberapa budaya menggunakan daun pisang sebagai sarana ritual dalam persembahan bagi dewa-dewa. Sebagai simbol kesehatan dan kesuburan.

5. Penghias makanan

Pernah lihat pohon pisang dipajang di tengah-tengah puade pengantin atau di tengah undangan pesta? Kalau belum pernah, mungkin bisa coba konsep ini. Asyik lho, bisa menyaksikan pengantin sambil makan pisang. Berasa ada di kebun. Senang. Meski mungkin penghargaan terhadap pisang ini akan berbeda bagi orang-orang yang terbiasa lihat tanaman pisang. Taken for granted. Sedang bagi yang harus beli untuk menikmati pisang, appresiasinya pasti akan lebih baik. Apalagi jika mengetahui banyaknya manfaat pisang.

Sebagai tanaman berbentuk eksotis yang berbatang lunak, pohon pisang dapat digunakan sebagai hiasan/ dekorasi ruangan atau pengantin.

6. Dekorasi ruangan

Bentuknya yang unik menjadikan tanaman pisang digandrungi oleh pecinta tanaman untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Tanaman yang mempercantik ruangan di dalam rumah.

Seperti yang kita tahu bahwa tanaman pisang punya beberapa jenis yang berukuran kecil dengan warna pisang menarik. Cocok buat tanaman indoor. Meski aku pernah lihat temanku membangun taman terbuka di dalam rumah dengan pisang sebagai tanaman primadonanya. Yah, kupikir keren juga sih. Suasana rumah jadi adem dan asri.

7. Mainan anak

Main tembak-tembakan dari pelepah pisang adalah salah satu permainan anak di tahun 90an. Permainan yang kini sudah ditinggalkan. Meski bukan tidak mungkin akan jadi tren alternatif permainan alam di masa pandemi ini. Jadi nggak perlu keluar rumah untuk main game yang asyik dan melibatkan seluruh anggota keluarga.

8. Makanan bayi

Pisang yang mengandung vitamin yang dibutuhkan bayi sebagai makanan tambahan selain ASI. Beberapa produk makanan bayi bahkan sudah lama mengembangkan pisang sebagai bahan baku produk unggulannya. 

9. Pelengkap ritual adat

Beberapa jenis pisang pun sering digunakan untuk ritual adat, seperti: pisang raja sereh.

10. Nilai ekonomis tinggi

Mengingat tingginya minat konsumen menjadikan pisang sebagai komoditi pangan yang punya nilai jual tinggi. Beberapa jenis pisang bahkan jadi pisang primadona karena bisa berfungsi sebagai buah yang dapat dikonsumsi sendiri, hiasan, atau dijual hingga menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan banyak orang yang hidupnya sejahtera dengan membudidayakan pisang sebagai mata pencariannya.

11. Unsur obat

Tanaman obat mengandung banyak zat mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia. Sebut saja kandungan  kalium di pisang dipercaya melebihi buah lain yang harganya lebih mahal.

Aku pun pernah baca bahwa buah pisang gedah bisa mengobati penyakit maag. Sementara pisang ambon dipercaya bisa mengobati masalah BAB.

Kandungan kalium pisang yang tinggi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mongontrol tekanan darah. Menurut riset, risiko terkena penyakit ginjal akan lebih rendah 30% bagi kamu yang rutin konsumsi pisang 4-6 kali dalam seminggu.


12. Nilai edukasi

Tanaman pisang yang ada di lingkungan kita pun bisa dijadikan sarana edukasi. Mengenal pengaruh tanaman pisang bagi masyarakat sekitar.

Kebun pisang yang ada dapat digunakan sebagai sarana belajar dan penelitian bagi siswa. Mereka bisa belajar menanam, mengembangkan produk turunan pisang, dan menjualnya di pasar.

Dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran sederhana langsung di kebun pisang dapat menstimulus siswa mengembangkan jiwa enterpreneurship. Proses edukasi yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan kehidupannya sehari-hari. Proses yang outputnya dapat menambah income bagi keluarga.

Selain dapat mengembangkan pisang sebagai buah lokal yang bernilai komersil, siswa dapat mengembangkan ide enterprenership yang membantu masyarakat. Bahkan pengembangan ide tanaman pisang sebagai alternatif pengobatan tradisional pun bisa diimplementasikan di masyarakat. 

Akhirnya sih, tujuan dari inovasi pengembangan produk pisang akan menginspirasi semua orang untuk menghargai alam dengan mengoptimalkan kebermanfaatan sumber alam sekitar. Tentunya dengan tetap menjaga keharmonisan alam.

Bandarlampung, 30 Mei 2020

6 comments:

  1. tetap sanggar yang paling enak

    ReplyDelete
  2. Pisang ini mulai daun, batang, bunga, sampai buahnya bisa dimanfaatkan manusia ya mbaa. Ngga heran orang2 banyak sebut belajar lah dari pohon pisang. Tidak akan mati sebelum bermanfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete
  3. Pohon pisang memang punya banyak manfaat, mulai dari daun, pelepah juga buahnya. Siapapun suka buah ini, mulai dari bayi sampai orang tua. Buah yang ajiblah.

    ReplyDelete
  4. Kulit pisang dicampur madu dan lemon bisa menghaluskan kulit. Tapi belum dicoba, sih.
    Eh iya, judulnya typo satu huruf, Mbak 😊

    ReplyDelete
  5. Aku dulu suka makan pisang untuk diet. Emang bagus sih manfaat pisang

    ReplyDelete

12 Manfaat Tanamsn Pisang Bagi Manusia

Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan manusia. Alam juga terus berubah demi memenuhi kebutuhan manusia yang mungkin tak akan ada habisn...